Jumat, 19 April 2013

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia



Kamis, 17 April 2013 kemarin saya berkunjung ke Perpustakaan Nasional di Salemba untuk mengaktifkan keanggotaan secara online karena kartu PNRI yang saya punya tidak memiliki akses online dan sekalian nganter temen yang lagi nyari bahan buat Skripsi. Wah...wah... sudah banyak berubah, terlihat lebih modern dan fresh.


Saking fresh dan modernnya banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana nih?, kemana nih? ngapain nih? karena hal itu lah yang menginspirasi saya buat nulis ini. Saya yang sudah familiar dengan tempat itu malah jadi seperti petugas yang memberi tahu alur proses yang berlaku di PNRI. Padahal sistem yang sekarang lebih otomatis daripada beberapa tahun lalu. Mungkin salah satu para pengunjung kebingungan adalah karena tidak adanya panduan, baik secara tertulis atau petugas yang mendampingi.




Saat pertama datang kita diharuskan membuat kartu Perpustakaan Nasional (bagi yang belum punya). Saat ini pembuatan kartu lebih gampang karena secara online, lebih cepat dan otomatis. Daftar Keanggotaan Online ikuti petunjuknya, isi form lalu nanti akan keluar nomer verifikasi. Catat nomer verifikasi dan nama lalu diserahkan kepada petugas pendaftaran setelah itu foto untuk kartu. Langsung jadi deh.


Ini contohnya

Pelayanan pembuata kartu perpustakaan nasional ada dilantai satu.

Di Perpustakaan Nasional Salemba kita tidak bisa membawa pulang buku yang kita pinjam. Kita hanya diperbolehkan baca ditempat dan memfotocopy (hanya sebagian tidak boleh seluruhnya) per lembarnya 250 rupiah.


Untuk membaca buku kita harus naik ke lantai dua untuk mencari katalog buku secara online dan mengisi blangko pemesanan buku. Dilantai dua tersedia belasan kompeter deskop yang bisa kita gunakan. Dengan mengisi Penelusuran Katalog Online sesuai dengan apa yang kita cari. Untuk mengetahui nomor panggil klick Lihat detail, apabila nomor detail tidak ada maka klick marc maka akan keluar tampilan kode CB-D-tahun penerbitan-dan kode angka lainnya (buku-buku seperti ini merupakan kode untuk bacaan terbatas. Kemarin kebetulan untuk buku yang saya cari juga berkode itu dan ada di gedung E lantai 9. Gedungnya ada disebelah sebelah gedung ini)


Ini contoh blangko pemesanan .



Ruang layanan Online Public Access Catalog (OPAC) yang digunakan untuk mengakses database katalog di PNRI terletak di lantai dua.



Tampilan lantai 1 dilihat dari Lantai 2.


Setelah mengisi mengetahui katalog bukunya, kita akan tau dimana lokasi buku tersebut berada. lantai 3, 4, 5, 6, atau 7.


      Lantai 3 PNRI Salemba. Lantai 3 tersimpan buku-buku cetakan baru.Untuk Lantai 3 B bila mau meminjam buku diharuskan mengetik di Excel sesuai blangko buku yang kita pinjam setelah itu blangko ditaruh di kotak. Nanti ada petugas yang mencarikan buku. PNRI menggunakan sistem peminjaman tertutup, sehingga kita tidak dapat merasakan hangatnya berdiri di antara rak buku.


Lantai tiga digunakan untuk koleksi buku-buku mutakhir, lantai empat untuk menyimpan koleksi referensi, sedang lantai di atasnya untuk buku-buku langka alias kuno.


Yang mau ke kesini, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ada di Jl. Salemba Raya No.28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia. Letaknya strategis ada dijalan utama dapat diakses menggunakan Busway. Gedung PNRI  ada disamping Gedung Kementrian Sosial, dekat perempatan Matraman arah Senen  Jam layanan Senin - jumat 08.00 - 18.00 dan Sabtu 09.00 - 16.00.

Web :  http://www.pnri.go.id







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;