Sabtu, 06 April 2013

Pengertian Drama

1. Pengertian Drama
Istilah drama berasal dari kata drame, sebuah kata dari Bahasa Perancis yang diambil untuk menjelaskan lakon-lakon mereka tentang kehidupan kelas menengah di Perancis.

Dalam buku Webster’s New Collegiate Dictionary, dinyatakan bahwa drama merupakan karangan berbentuk prosa atau puisi yang direncanakan bagi pertunjukkan teater (Henry Guntur, 1984). Drama (Yunani) merupakan jenis karya sastra yang ada bagian tertentu yang diperankan oleh aktor/aktris.

Definisi lain drama

  • Drama adalah kualitas komunikasi. Situasi, dan action 
  • Drama menurut Moulton adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak (life presented in action) 
  • Drama menurut Brander Mathews adalah konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama 
  • Drama menurut Ferdinand Brunetierre adalah melahirkan kehendak manusia lewat action. 
  • Drama adalah cerita konflik manusia dalam bentuk dialog, yang diproyeksikan pada pentas dengan menggunakan percakapan dan action di hadapan penonton (audience). 

Jadi dapat disimpulkan bahwa drama adalah karya sastra dalam bentuk dialog yang bertujuan untuk di pentaskan atau di pertunjukkan. Meskipun demikian, ada juga naskah drama yang sifatnya hanya untuk dibaca atau sering disebut closed drama.

Teori Asal Mula Drama menurut Brockett :

Drama berkembang dari upacara religius primitive yang dipentaskan untuk minta pertolongan dewa Hymne pujian yang dinyanyikan bersama di depan makam seorang pahlawan. Pembicara memisahkan diri dari koor dan memperagakan perbuatan dalam kehidupan almarhum pahlawan itu. Drama tumbuh dari kecintaan manusia untuk bercerita. Kisah tentang perburuan/peperangan atau perbuatan yang luar biasa seseorang pahlawan yang telah gugur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;