Rabu, 10 April 2013

Pemandian Air Panas Sangkan Hurip

    Waktu jamannya saya SMP (2000-2003) setiap kali sekolah mengadakan acara renang pasti datangnya kesini. Udaranya sejuk asri  ada seluncuran naga. Buat ukuran anak-anak seluncuran naga itu udah WOW banget soalnya saat itu saya blom kenal yang namanya water park, junggel dan semacamnya. Jadi kenangan indah  bermain seluncuran sama teman-teman  hehehe....

    

 Yang bikin tempat ini berbeda dengan tempat pemandian lain adalah dengan adanya  tempat pemandian air panas bersumber dari gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di jawa barat.

Air panas dari Sangkanhurip berbeda dengan air mineral di beberapa titik mata air panas lain di daerah pegunungan. Jika air pegunungan lain hanya mengandung belerang, air Sangkanhurip mengandung berbagai mineral dan renik dalam air hangatnya. Menurut hasil penelitian, air panas Sangkanhurip mempunyai kandungan seperti sulfat (SO4), silikon dioksida (SiO2), dan klorida (Cl) dengan konsentrasi tinggi. Meskipun letaknya di dekat Gunung Ciremai, air itu mengandung endapan marin, yang berarti air panas itu tak berhubungan dengan aktivitas Ciremai.

Kandungan mineral dan renik dari air itu dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Karena itu, air panas bersuhu sekitar 40-50 derajat celsius yang keluar dari mata air di Desa Sangkanhurip banyak dimanfaatkan warga dan pelancong untuk mandi, bahkan berendam.

Kalo mau kesini (Sangkanhurip) dapat ditempuh dari kota Cirebon menuju Kuingan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Terdapat sedikit kemacetan ketika kita melewati pasar Cilimus tapi tak seberapa. Lokasinya dekat dengan pasar Cilimus, tidak jauh setelah melewati pasar belok ke kiri.


2 komentar:

Atmiyant mengatakan...

pertamax...

nunuchaya mengatakan...

premium

thank uuuuuuuuu... lope2 deh buat yang udah buka blog gw..

Posting Komentar

 
;