Rabu, 10 April 2013

Talaga Remis




Kabupaten Kuningan, yang terletak di baratdaya Gunung Ciremai, Jawa Barat, memiliki banyak sekali obyek wisata, baik wisata alam, sejarah maupun budaya. Salah satu di antara sekian banyak obyek wisata tersebut adalah Telaga Remis. Telaga ini terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, sekitar 37 kilometer arah utara dari Kota Kuningan atau 13 kilometer arah selatan dari Kota Cirebon. Telaga Remis berada pada ketinggian sekitar 220 meter dari permukaan laut dan mempunyai luas sekitar 3,25 hektar dengan kedalaman airnya mencapai 12 meter.


Objek wisata satu ini dijadikan lagu juga loh, judulnya " Talaga Remis" di nyanyiin sama Nining Meida. Yang mau denger lagunya tinggal clik aja ni http://www.youtube.com/watch?v=V7Pyihlf9UY





Nama Talaga Remis mempunyai arti tersendiri, nama talaga diambil dari kata talaga dalam bahasa Sunda , dan remis tersebut diambil dari binatang sejenis kerang bewarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga, binatang tersebut dikenal dengan Dari mulut tetua didaerah itu, mendengar bahwa Talaga Reumis dibuat oleh Prabu Siliwangi, Raja Padjajaran yang namanya hampir menjadi mitos itu. konon pada masa itu, Prabu Siliwangi sedang melakukan pertapaan di hutan batu tersebut. Dan karena kontur tanah yang sedemikian tandus itulah maka untuk memenuhi kebutuhan minumnya selama menyepi di wilayah itu Prabu Siliwangi hanya mengandalkan embun (dalam bahasa Sunda disebut reumis) yang dikumpulkan dengan daun pisangyang dikerucutkan. Setelah rasa hausnya berkurang,


Prabu Siliwangi pun membuang sisa air yang terdapat di pincukan daun tersebut seraya berkata; "Ini sisa embun yang pernah menolong saya dari rasa haus, semoga sisanya berubah menjadi telaga yang kelak akan berguna bagi masyarakat sekitar." Aneh, setelah berkata begitu, di antara sela-sela batu di mana sisa embun itu dibuang keluar airyang begitu deras hingga akhirnya membentuk sebuah telaga yang sekarang dikenal dengan nama Talaga Remis.

Selain pemandangan dan berbagai keindahan yang ada dikawasan itu, masyarakat disekitar situ juga percaya bahwa seseorang yang mengunjungi tempat itu bersama pasangannya tak lama setelah dari sana hubungan orang itu akan putus, tetapi apabila seseorang berwisata ke tempat itu dan belum mempunyai pasangan, bertemu ditempat itu,hubungannya akan langgeng.


Telaga Remis terdiri dari 8 telaga yaitu : Telaga Leat, Telaga Nilem, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Leutik, Telaga Buruy, Telaga Tespong, dan Sumur Jalatunda.


Selain pemandangan telaga yang asri, suasana rimbun hutan dan pegunungan juga menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi kabarnya hutan dikawasan tersebut menyimpan kurang lebih 160 jenis tumbuhan diantaranya sonokeling, malaka, kosambi dan lain-lain. Termasuk adanya satu jenis tumbuhan langka yaitu “Pisang Hyang”.


Objek wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Mandirancan, Palimanan, Cirebon dan dari Kota Kuningan. Kondisi jalan umumnya beraspal dan baik, dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, dengan jarak rute perjalanan sebagai berikut : >> Palimanan – Talaga Remis ± 12 Km. >> Mandirancan – Talaga Remis ±25 Km. >> Kuningan – Talaga Remis ± 37 Km. >> Cirebon – Talaga Remis ± 30 Km Disepanjang jalan para pengunjung tidak akan bosan, karena sepanjang jalan terhampar pemandangan yang sangat indah.


Dan jangan lupa ada banyak rumah makan dimana kita bisa menikmati gurihnya ikan gurame goreng, enaknya gurame bakar sambil disuguhi pemandangan yang indah dan udara yang sejuk....

         



dari berbagai sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;